slide

Kamis, 18 Juni 2015

Kesalahan Umum Penulis dalam Launching - End

Lanjutan post sebelumnya mengenai kesalahan-kesalahan umum penulis yang merusak launcing buku mereka sendiri.

Kurang mengerti pasar. Akibatnya tidak mungkin membuat keputusan yang tepat untuk launching atau membuat keputusan marketing. Kamu harus menggunakan fakta untuk membuat keputusan. Strategi promosi apa yang penulis lain lakukan, mana yang berhasil, mana yang tidak, di mana ada celah/kesempatan, ke mana trend dan arah pergerakan pasar.


Berpendapat bahwa peluncuran buku hanya untuk penulis yang sudah punya nama atau orang yang punya dana besar. Membatasi diri seperti ini hanya membuat kamu mundur. Padahal, penulis dengan perencanaan yang matang, tujuan yang jelas bisa lebih sukses daripada yang berdana besar tapi tidak fokus.

Demam panggung dan tidak tahu apa yang akan kamu katakan. Sebelumnya, kamu harus mengambil waktu untuk mengenali dirimu sendiri. Penulis seperti apa kamu, apa yang membuat kamu berbeda. Lalu, kamu juga harus tahu siapa pembaca atau audiencemu. Ketika kamu sudah mengenal siapa kamu dan siapa audiencemu, tidak perlu khawatir. Kita tidak mungkin gugup ketika berbicara dengan teman yang kita kenal, segalanya akan berjalan lancar. Ketika kamu tidak tahu lagi apa yang harus kamu katakan, daripada bilang, “Beli buku saya!” lebih baik pikirkan apa yang kira-kira audience ingin dengar darimu, apa yang mereka butuhkan dan hanya kamu yang dapat menyediakannya. Jika kamu tidak yakin, tanyakanlah.

Terlambat. Buku kamu sudah terbit. Kamu bisa mempertimbangkan untuk re-launching atau bisa mengikutkan pada promosi bukumu selanjutnya. Banyak kesempatan yang bisa sekaligus digunakan sebagai promosi seperti mengisi seminar, interview podcast, media lokal, dan event lain yang dengan membuat sebuah buku membuatmu memiliki kualifikasi untuk berpartisipasi.

Berpendapat bahwa manfaat bukumu bisa menjual dirinya sendiri tanpa promosi. Anggapan seperti ini biasanya membuat kecewa. Tidak ada yang peduli padamu dan bukumu. Kepedulian mereka sejauh kepedulianmu pada promosi bukumu. Tugasmulah untuk menunjukkan manfaat bukumu pada mereka.

Istirahat setelah launching. Seharusnya kamu melakukan analisa launching, apa yang berhasil, apa yang tidak, berterima kasih pada semua pihak yang membantu dan memfollow up kesempatan-kesempatan baru.

Launching buku memang mendebarkan. Ikuti saja perencanaan yang sudah di buat dan hindari kesalahan-kesalahan yang sudah disebutkan. Semoga acara launchingmu sukes! Jangan lupa kirim undanganya ke sini ya :)

disarikan dari yourwriterplatform.com