slide

Kamis, 18 Juni 2015

Kesalahan Umum Penulis dalam Launching Bukunya



Seringkali penulis hanya fokus pada menulis dan mengedit buku, mereka menunda merencanakan strategi untuk launching bukunya hingga akhirnya terlambat. Saya juga begitu sih :) 

Padahal, kesuksesan sebuah launching diperlukan perencanaan detail, langkah demi langkah yang memakan waktu lama. Launching buku malah jadi malapetaka buat penulis karena kesalahan penulis itu sendiri. Beberapa kesalahan penulis menurut yourwriterplatform.com

Tidak merangkul pembaca potensial. Meskipun masih dalam tahap awal penulisan, sebaiknya penulis merangkul pembaca potensial buku mereka. Bukan hanya mendapatkan input dari para calon pembaca, tapi hal ini juga memastikan bukunya akan mendapatkan perhatian ketika terbit.

Perencanaan launching yang tidak matang. Setelah berbulan-bulan atau mungkin bertahun-tahun menulis buku, akhirnya tiba saatnya buku terbit. Penulis pasti ingin bukunya sesegera mungkin berada di tangan pembaca. Namun, ketergesaan membuat perencanaan yang buruk dan persiapan launching dan promosi yang kacau. Untuk menghindari hal ini, mulailah perencanaan sejak awal. Idealnya saat kamu mulai menulis atau mengedit.

Lupa menentukan specific goals. Sulit untuk menentukan apakah sebuah launching buku sukses atau tidak kalau tidak ada goal yang jelas dari awal. Tentukan specific goals, contohnya berapa eksemplar buku yang terjual saat launching, jumlah orang yang masuk dalam email list, atau jumlah tamu yang datang ke acara launcing.

Tidak tahu siapa target pembaca bukumu. Poin yang satu ini fatal. Bagaimana mungkin kamu bisa meraih mereka kalau kamu saja nggak bisa melihatnya? kalau begini, bisa dipastikan launching jadi tidak fokus, melibatkan target yang salah, pesan jadi terlalu general, nggak jelas atau nggak berarti. Penulis cenderung membuat target yang sangat umum. Mereka merasa tidak perlu mengerucutkan target dengan pendapat, ‘kenapa mengecualikan beberapa orang? Mungkin saja mereka tertarik membaca? Jadi targetkan saja semuanya!’ Pada kenyataannya, semakin spesifik target, semakin dekat kamu dengan pembaca ideal kamu.

Menjadi the Lone Wolf. Tidak bisa dipastikan bahwa penulis kebanyakan introvert. Jangan terjebak dengan stereotype ini. Ada penulis yang memang melakukan proses penulisan hingga promosi sendirian. Namun, kebanyakan penulis yang sukses menggunakan kekuatan tim untuk menaikkan penjualan. 


lainnya, menyusul ya...